PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS V KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Putra, I Kadek Agung Kusuma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS V KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031278-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031278-ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031278-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031278-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas V Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Kuasi eksperimen menjadi jenis dari penelitian ini dengan rancangan penelitian non equivalent post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada yang berjumlah 211 orang. Pengambilan sampel dilakukan melalui cara random sampling dengan teknik undian. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Panji sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Panji sebagai kelompok kontrol. Tes hasil belajar IPA adalah instrument berbentuk pilihan ganda yang digunakan pada saat pengumpulan data melalui validasi intrumen yang dilakukan oleh pakar yang membidangi IPA dan telah diuji cobakan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis ke dalam dua tahap yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret adalah 83,09. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret adalah 62,77. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan rumus polled varians yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel (thitung = 6,16 > ttabel = 1,68). Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: two stay two stray, hasil belajar IPA, media konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Agung Kusuma Putra
Date Deposited: 28 Jul 2020 08:27
Last Modified: 28 Jul 2020 08:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2758

Actions (login required)

View Item View Item