Putra, I Kadek Agung Kusuma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS V KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031278-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031278-ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (219kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031278-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031278-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas V Gugus V Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Kuasi eksperimen menjadi jenis dari penelitian ini dengan rancangan penelitian non equivalent post test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada yang berjumlah 211 orang. Pengambilan sampel dilakukan melalui cara random sampling dengan teknik undian. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 1 Panji sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Panji sebagai kelompok kontrol. Tes hasil belajar IPA adalah instrument berbentuk pilihan ganda yang digunakan pada saat pengumpulan data melalui validasi intrumen yang dilakukan oleh pakar yang membidangi IPA dan telah diuji cobakan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis ke dalam dua tahap yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui uji-t. Rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret adalah 83,09. Sedangkan rata-rata nilai hasil belajar IPA siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret adalah 62,77. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan rumus polled varians yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel (thitung = 6,16 > ttabel = 1,68). Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media konkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | two stay two stray, hasil belajar IPA, media konkret |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Agung Kusuma Putra |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 08:27 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 08:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2758 |
Actions (login required)
View Item |