PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA BALI PADA SISWA KELAS III DI SDN 4 KALIUNTU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nida, Dewa Made Adi Andhika (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MATA PELAJARAN BAHASA BALI PADA SISWA KELAS III DI SDN 4 KALIUNTU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021028-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021028-ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021028-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media kartu bergambar berorientasi pendidikan karakter, (2) mengetahui validitas media kartu bergambar, (3) mengetahui efektivitas penerapan media kartu bergambar yang dugunakan dalam pembelajaran Bahasa Bali kelas III. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Tahapan dari model ADDIE digunakan sebagai acuan dalam pengembangan dan memvalidasi media kartu bergambar. Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen, kuesioner, wawancara, dan tes tertulis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi dari rancang bangun pengembangan media kartu bergambar dengan prosedur pengembangan model ADDIE yakni analysis, design, development, implementation, evaluation; (2) media kartu bergambar valid dengan hasil uji para ahli dan uji coba produk yaitu: ahli mata pelajaran 100%, ahli desain pembelajaran 95,71%, ahli media pembelajaran 95,00%, uji coba perorangan 97,33%, uji coba kelompok kecil 97,55%, dan uji lapangan 98,00% dengan kualifikasi sangat baik; (3) penerapan media kartu bergambar berorientasi pendidikan karakter efektif meningkatkan hasil belajar Bahasa Bali siswa kelas III. Hal ini ditunjukkan dari hasil belajar siswa terjadi peningkatan setelah menggunakan media kartu. Dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar berorientasi pendidikan karakter efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SDN 4 Kaliuntu pada mata pelajaran Bahasa Bali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media kartu bergambar, model ADDIE, pendidikan karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: DEWA MADE ADI ANDHIKA NIDA
Date Deposited: 27 Jul 2020 21:37
Last Modified: 27 Jul 2020 21:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2775

Actions (login required)

View Item View Item