Handayani, Luh Desy (2020) KONTRIBUSI TINDAK PEMBELAJARAN GURU KELAS 1 SD NEGERI 2 DANGIN PURI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031166-COVER.pdf Download (939kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031166-ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (468kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031166-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (977kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031166-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031166-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (334kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031166-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tindak pembelajaran guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri pada peningkatan keterampilan menulis siswa tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian entografis. Subjek terteliti adalah guru kelas1 SD Negeri 2 Dangin Puri dan siswa kelas 1 yang berjumlah 27 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Sebagai instrument kunci dalam penelitain ini adalah peneliti sendiri yang hadir di lapangan dilengkapi dengan lembar observasi dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, penarikan simpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi Tindak Pembelajaan Guru Kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri Pada Peningkatan Keterampilan Menulis dalam kategori Structuring guru cenderung mengingatkan siswa teknik menulis yang baik. Kategori Soliciting, kecenderungan guru memberikan tugas kepada siswa berupa membuat kalimat. Respon siswa senantiasa memenuhi perintah guru. Kategori Reacting, guru cenderung membimbing dan penguatan berupa memotivasi, menegur disertai tindakan nonverbal berupa ekspresi wajah dan gerak tubuh seperti menunjuk dan tepuk tangan. Temuan terkait dengan alasan-alasan yang melatarbelakangi guru dalam menampilkan tindak pembelajaran tertentu, pertama agar siswa lebih bersemangat dan berkonsentrasi dalam belajar terutama dalam keterampilan menulis, kedua agar peningkatan dalam pemahan tentang keterampilan menulis sebaik baik, ketiga guru memiliki harapan agar siswa yang diasuhnya menjadi anak yang disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak pembelajaran guru, keterampilan menulis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | LUH DESY HANDAYANI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2779 |
Actions (login required)
View Item |