Wulandari, I Gusti Ayu Agung Manik and Sudatha, I Gde Wawan and Simamora, Alexander Hamonangan (2020) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BLENDED PADA MATA KULIAH AHARA YOGA SEMESTER II DI IHDN DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611021035_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611021035_ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021035_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021035_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021035_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021035_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021035_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021035_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611021035_LAMPIRAN.pdf Download (38MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan pembelajaran blended, (2) mendeskripsikan validitas rancangan pembelajaran blended, dan (3) menguji efektivitas penggunaan pembelajaran blended model Flipped Classroom pada mata kuliah Ahara Yoga. Subjek penelitian 1 ahli isi mata kuliah, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media E-learning, 1 ahli media video pembelajaran, dan 30 mahasiswa untuk uji coba (3 uji coba perorangan, 6 uji coba kelompok kecil, dan 21 uji coba lapangan). Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu (1) rancang bangun pembelajaran blended dengan model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu (a) analysis, (b) design, (c) development, (d) implementation, (e) evaluation; (2) rancangan pembelajaran blended valid dengan: (a) hasil review ahli mata kuliah dengan kualifikasi sangat baik (96,4%), (b) hasil review desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (95%), (c) hasil review ahli E-learning dengan kualifikasi sangat baik (96,5%), (d) hasil review ahli video pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (98%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (98,3%), (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (97%), dan (f) hasil uji coba lapangan dengan kualifikasi sangat baik (95,6%); (3). Penerapan pembelajaran blended dengan model flipped classroom efektif meningkatkan hasil belajar Ahara Yoga pada mahasiswa semester II di IHDN Denpasar. Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa pembelajaran blended dengan model flipped classroom pada kualifikasi sangat baik. Diharapka pengajar termotivasi dalam mengembangkan pembelajaran blended yang kreatif dan inovatif, sehingga mahasiswa dapat termotivasi dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, pembelajaran blended, flipped classroom. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Agung Manik Wulandari |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 21:44 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 21:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2784 |
Actions (login required)
View Item |