PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS LETKOL GUSTI NGURAH RAI DENPASAR UTARA

Okayanti, Gusti Ayu Made (2020) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS LETKOL GUSTI NGURAH RAI DENPASAR UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1. 1611031315-COVER.pdf

Download (427kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2.1611031315-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
3.1611031315-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
4.1611031315-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
5.1611031315-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
6.1611031315-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
7.1611031315-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.1611031315-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. 1611031315-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan umum yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media lingkungan sekolah terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Penelitian ini tergolong eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non equivalent control group design. Populasinya ialah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 482 siswa. Pengambilan sampel yaitu menggunakan Teknik cluster random sampling. Kelompok sampel yang terpilih adalah kelas IVB sebanyak 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Alat pengumpulan data digunakan berupa tes kompetensi pengetahuan IPA. Data posttest. kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen sebesar 82,42 dan rata-rata nilai posttest kelompok kontrol sebesar 74,90. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 3,831 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 62 diperoleh ttabel = 2,000. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan contextual teaching and learning berbantuan media lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD yang disebabkan karena pembelajaran dengan menggunakan contextual teaching and learning berbantuan media lingkungan sekolah memiliki timbal balik yang positif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa SD melalui tahapan-tahapan dalam proses pembelajaran yang melatih siswa untuk menemukan pengetahuan sendiri dalam proses belajar dan akan mempermudah pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: contextual teaching and learning, media lingkungan sekolah, kompetensi pengetahuan IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Made Okayanti
Date Deposited: 27 Jul 2020 22:40
Last Modified: 27 Jul 2020 22:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item