Variani, Ni Luh Devi (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031201-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031201-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031201-LAMPIRAN.pdf Download (31MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan desain eksperimen non equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini melibatkan siswa dengan jumlah 113 siswa pada 5 kelas siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 1 Penarukan sebagai kelompok eksperimen danSD Negeri 5 Penarukan sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil hitung menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok ekperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol ("X" ̅" eksperimen =19,68 >" "X" ̅" kontrol =18,10" ). Serta berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t dengan rumus polled varians diperoleh hasil thitung sebesar 2,34 pada taraf signifikansi 5% dengan db = (n1 + n2) – 2 = (25 + 21) – 2 = 44 dan ttabel sebesar 2,02, sehingga thitung > ttabel (2,34 > 2,02). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model discovery learning, mind mapping, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH DEVI VARIANI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 22:12 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 22:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2812 |
Actions (login required)
View Item |