PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Variani, Ni Luh Devi (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031201-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031201-ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031201-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031201-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031201-LAMPIRAN.pdf

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan menggunakan desain eksperimen non equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini melibatkan siswa dengan jumlah 113 siswa pada 5 kelas siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 1 Penarukan sebagai kelompok eksperimen danSD Negeri 5 Penarukan sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Berdasarkan hasil hitung menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok ekperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol ("X" ̅" eksperimen =19,68 >" "X" ̅" kontrol =18,10" ). Serta berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t dengan rumus polled varians diperoleh hasil thitung sebesar 2,34 pada taraf signifikansi 5% dengan db = (n1 + n2) – 2 = (25 + 21) – 2 = 44 dan ttabel sebesar 2,02, sehingga thitung > ttabel (2,34 > 2,02). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media mind mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning, mind mapping, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH DEVI VARIANI
Date Deposited: 27 Jul 2020 22:12
Last Modified: 27 Jul 2020 22:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item View Item