PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATI TAHUN AJARAN 2019/2020

Sagitarini, Ni Made Dwi (2020) PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS UNTUNG SURAPATI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031346_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031346_ABSTRACT.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031346_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031346_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031346_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031346_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031346_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031346_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031346_LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui pengaruh model experiential learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dikatakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini sebanyak 6 kelas dari 6 SD di Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 204 siswa kelas IV. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 74 orang yaitu 38 siswa kelas IV di SDN 6 Sumerta sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas IV di SDN 7 Sumerta sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Tes objektif pilihan ganda biasa merupakan instrument pengumpulan data yang digunakan dan selanjutnya dianalisis dengan analisis uji-t polled varians, namun sebelum itu dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dengan rumus Fisher. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2.400 > ttabel = 1.993 pada taraf signifikansi 5% dengan (dk = 36 + 38- 2 = 72), H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model experiential learning berbantuan media konkret dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020 ditolak. Selain itu, rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 69.421 > = 64.000 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Maka berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model experiential learning berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: model experiential learning, media konkret, dan kompetensi pengetahuan IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model experiential learning, media konkret, dan kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Dwi Sagitarini
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:13
Last Modified: 28 Jul 2020 03:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item