PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS 7 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Paramitaariputri, Paramita (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL BAKIAK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS 7 SUKAWATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031227-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031227-ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031227-BAB1 PENDAHULUAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031227-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.)
1611031227-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031227- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031227-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031227-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031227-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Masalah yang mendasari penelitian ini diantaranya : pengembangan keterampilan sosial anak masih belum optimal, model pembelajaran di kelas masih kurang bervariasi termasuk pada pemilihan media dan, interaksi siswa dengan siswa lainnya masih kurang sehingga pembelajaran masih bersifat monoton dan kurang menarik, sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model project based learning yang didalam pembelajarannya dibantu dengan permainan tradisonal bakiak dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan sosial siswa kelas V SD. Penelitian menggunakan non equivalent control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini sejumlah 62 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Hasil perhitungan rata-rata gain skor keterampilan sosial siswa yang diberikan perlakuan model project based learning yang didalam pembelajarannya dibantu dengan permainan tradisonal bakiak 0.295 termasuk ke kategori sangat cukup, sedangkan siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata gain skore keterampilan social sebesar -0,022, termasuk ke kategori kurang. Sehingga berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning berbantuan permainan tradisonal bakiak berpengaruh terhadap Keterampilan sosial siswa kelas V SD. Model ini bisa dijadikan sebagai pilihan oleh guru digunakan sebagai alternative untuk meningkatkan keterampilan sosial Kata Kunci : PjBL, Permainan Bakiak, Keterampilan Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PjBL, Permainan Bakiak, Keterampilan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: ANAK AGUNG SAGUNG PARAMITA ARI PUTRI
Date Deposited: 28 Jul 2020 05:43
Last Modified: 28 Jul 2020 05:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2823

Actions (login required)

View Item View Item