Sanjaya, I Made Wahyu Adi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks berbasis Tat Twam Asi terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn siswa kelas V SDN di Gugus I Kecamatan Selat Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031275-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031275-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031275-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031275-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031275-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031275-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031275-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031275-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031275-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Berdasarkan permasalahan yang ditemui yaitu rendahnya kompetensi pengetahuan PPKn siswa, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Pair Checks berbasis Tat Twam Asi terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Penelitian ini merupakanpenelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus I Kecamatan Selat dengan jumlah siswa 212 orang. Sampel dalam penelitian initerdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa62 orang yaitu 30 orang siswa kelas V dari SD Negeri 1 Duda Timur yang menjadi kelompok eksperimen dan 32 orang siswa kelas V dari SD Negeri 3 Duda yang menjadi kelompok kontrol. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknikclusterrandom sampling. Data kompetensi pengetahuan PPKn siswa dikumpulkan menggunakan metode tes, dengan jenis tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol ( x= 79,56 > x= 72,08). Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 30 + 32 – 2 = 60) dan pada taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel (3,113>2,000) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwamodel pembelajaran Pair Checks berbasis Tat Twam Asi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas V SDN Gugus I Kecamatan Selat Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Pair Check,Tat Twam Asi, kompetensi pengetahuan PPKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Pair Checks,Tat Twam Asi, kompetensi pengetahuan PPKn. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Wahyu Adi Sanjaya |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2846 |
Actions (login required)
View Item |