Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD N Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020

Dewi, Anak Agung Sylvia Fitriana (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD N Gugus III Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganehsa.

[img] Text (COVER)
1611031089_COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031089_ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031089_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031089_BAB 2 KAJIAN TEORI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031089_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031089_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031089_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031089_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031089_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini beritikat mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kuantitatif memakai rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian menggunakan seluruh siswa kelas V SD N Gugus III Kuta Utara sebanyak 15 kelas dengan total 516 siswa. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Sampel yang diperoleh sebanyak 73 siswa yaitu 37 siswa kelas VC di SD No. 1 Kerobokan sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa VB di SD No. 3 Kerobokan Kaja termasuk kelas kontrol. Dalam mengumpulkan data kompetensi pengetahuan IPA menggunakan tes pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,730 > ttabel 2,000 pada taraf signikansi 5% dengan dk = 71, sehingga Ho berbunyi tidak terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD N Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020 ditolak. Selain itu nilai rata – rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 84,91 dan kelompok kontrol = 79,94. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share Berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD N Gugus III Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Tri Hita Karana, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Sylvia Fitriana Dewi
Date Deposited: 27 Jul 2020 23:10
Last Modified: 27 Jul 2020 23:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item