PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS UNTUNG SURAPATI TAHUN AJARAN 2019/2020

Fitri Suyani, Ni Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS UNTUNG SURAPATI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031382-COVER.pdf

Download (995kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031382-ABSTRAK.pdf

Download (423kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031382-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031382-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031382-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031382-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031382-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031382-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031382-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan mencari pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap komunikasi matematika siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-only no treatment control design (eksperimen semu). Subjek yang digunakan sebagai populasi yakni 6 kelas V dari 6 sekolah dasar dengan jumlah 212 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling yang digunakan untuk memperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen yakni kelas V di SD Negeri 6 Sumerta dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang dan kelas yang terpilih sebagai kelompok kontrol yakni kelas V di SD Negeri 7 Sumerta dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes bentuk uraian pada siswa. Pengujian normalitas menggunakan uji Kolmogorov Smirnov serta perngujian homogenitas menggunakan rumus Fisher. Selanjutnya dihitung dengan analisis parametrik uji-t polled varians. Sesuai hasil perhitungan yang telah dilaksanakan memperoleh thitung = 3,25 > ttabel 1,99 dengan α = 5% serta derajat kebebasan = 37 + 38 – 2 = 73 , maka dari itu tolak Ho yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan komunikasi matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019 / 2020. Selain itu nilai rerata komunikasi matematika kelompok eksperimen ¯X = 73,40 > ¯X = 67,36 rata - rata komunikasi matematika kelompok kontrol. Jadi sesuai perhitungan analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap komunikasi matematika siswa kelas V SD Gugus Untung Surapati tahun ajaran 2019 / 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting, komunikasi matematika, siswa kelas V SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Fitri Suyani
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:24
Last Modified: 28 Jul 2020 03:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2856

Actions (login required)

View Item View Item