PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS I MELINGGIH KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Miasari, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V GUGUS I MELINGGIH KECAMATAN PAYANGAN KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031256-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031256-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031256-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031256-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031256-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031256-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1611031256-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031256-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031256-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA kelas V Gugus I Melinggih Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian non equivalen post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V (5 kelas) di Gugus I Melinggih Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 107 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil secara acak menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Melinggih dan kelas V SD Negeri 4 Melinggih dengan kelas V SD Negeri 2 Melinggih berjumlah 22 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 4 Melinggih berjumlah 24 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Data pada penelitian ini adalah skor hasil belajar IPA siswa yang dikumpulkan menggunakan metode tes, bentuk pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bukan model pembelajaran discovery learning (thitung = 3,63 > ttabel = 1,679). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan lingkungan sekitar terhadap hasil belajar IPA kelas V Gugus I Melinggih Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: discovery learning, lingkungan sekitar, hasil belajar IPA
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU MIASARI
Date Deposited: 27 Jul 2020 23:22
Last Modified: 27 Jul 2020 23:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2866

Actions (login required)

View Item View Item