Aditya Pramana, Pande Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS IV GUGUS PELIATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031335-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031335-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031335-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031335-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1611031335-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031335-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1611031335-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031335-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031335-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bermula dari hasil studi pendahuluan di kelas IV SD yang menunjukan bahwa masih banyak siswa yang nilai kompetensi pengetahuan IPS berada di bawah KKM. Selain itu belum diterapkannya model PAIKEM. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PAIKEM berantuan media Audio Visual dengan kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini yang di lakukan adalah kuantitatif dengan disain eksperimen semu dan rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh peserta didik kelas IV yang ada di Gugus Peliatan yang terdiri dari 4 kelas denga 2 sampel penelitian diambil dengan cara random sampling terdapat sampel eksperimen yang di terapkannya model PAIKEM berbantuanmeida audio-visual untuk kelas IV SD Negeri 4Peliatan sebanyak 34 peserta didik dan kelas IV SD Negeri 1 Peliatan sebanyak 36 peserta didik sebagai kelompok kontrol yang di belajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya mengunakan metode tes berupa tes objektif kompetensi pengetahuan IPS kedua kelompok. Terbukti dari nilai rerata GnS kelompok eksperimen yaitu 0,699 lebih dari kelompok kontrol yaitu 0,45 dan setelah analisis uji hipotesis diperoleh diperoleh thit0,916> ttab (a=0,05,70) =1,99, maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PAIKEM berbantuan Media audio-visual berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Peliatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAIKEM berbantuan media Audio Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD. Berdasarkan hasil penelitian model ini dapat dijadikan bahan guru dalam memilih variasi saat proses pembelajaran dikarenakan sudah terbukti dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Model PAIKEM , Kompetensi Pengetahuan IPS , Berbantuan Media Audio-visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Pande Made Aditya Pramana |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:50 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2900 |
Actions (login required)
View Item |