Pratiwi Bela, Kadek (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Discovery Learning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071015-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071015-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1613071015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (600kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1613071015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613071015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1613071015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071015-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini yaitu mengembangkan salah satu perangkat pembelajaran yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD bebasis discovery learning pokok bahasan getaran, gelombang, dan bunyi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Borg dan Gall yang meliputi 10 tahapan yaitu 1) Penelitian pendahuluan, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan draf produk, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Merevisi hasil uji coba, 6) Uji coba lapangan, 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, 8) Uji pelaksanaan lapangan, 9) Penyempurnaan produk akhir, dan 10) Diseminasi dan Implementasi. Namun, penelitian ini hanya sampai tahap merevisi hasil uji coba karena keterbatasan waktu, biaya dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Sawan. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor hasil penilaian intrumen validasi dan keterbacaan sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran oleh validator dan peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi validasi LKPD dan lembar angket keterbacaan LKPD. Teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif dan teknik analisis kualitatif. Validasi LKPD IPA dilakukan oleh dua orang ahli isi pembelaajran dari dosen Fisika dan Pengajaran IPA Universitas Pendidikan Ganesha dan dua guru SMP 1 Sawan. Uji keterbacaan LKPD IPA dilakukan terbatas oleh 12 peserta didik SMP N 1 Sawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Skor validasi ahli isi untuk keseluruhan aspek adalah 4,4 dengan kriteria sangat valid, (2) Skor validasi dari guru untuk keseluruhan aspek adalah 4,5 dengan kriteria sangat valid, (3) skor uji keterbacaan adalah 3,6 dan masuk kriteria terbaca. Berdasarkan uji validasi dan uji ketebacaan dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis discovery learning layak dari segi kevalidan dan keterbacaan LKPD sehingga dapat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD IPA, Discovery Learning, Model Borg dan Gall |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Kadek Bela Pratiwi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 04:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 04:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2908 |
Actions (login required)
View Item |