PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS IV SD NEGERI GUGUS VI SUKAWATI GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Sintya Dewi, Putu Intan (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS KELAS IV SD NEGERI GUGUS VI SUKAWATI GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031001-COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031001-ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031001-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) berbantuan media Magic Box terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus VI Sukawati Gianyar tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan eksperimen semu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 kelas yang terdiri atas 275 siswa kelas IV. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas IVB di SD Negeri 6 Batubulan selaku kelompok eksperimen dan kelas IV di SD Negeri 7 Batubulan selaku kelompok kontrol yang masing-masing sebanyak 31 siswa. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh dengan tes pilihan ganda biasa, yang selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varians. Dengan demikian dari hasil analisis diperoleh thitung = 7,010> ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 60, sehingga H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Magic Box dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus VI Sukawati Gianyar tahun ajaran 2019/2020 ditolak. Selain itu nilai rata –rata kompetensi pengetahuan IPS kelompok eksperimen X ̅=84,065 > X ̅ =70,871 rata-rata kompetensi pengetahuan IPS kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Magic Box terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD Negeri Gugus VI Sukawati Gianyar tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Rotating Trio Exchange (RTE) ,Media Magic Box dan kompetensi pengetahuan IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Intan Sintya Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:36
Last Modified: 28 Jul 2020 03:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2939

Actions (login required)

View Item View Item