THE IMPLEMENTATION OF INFOGRAPHICS IN SPEAKING FOR SOCIAL INTERACTION COURSE OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT

Bimantara, Ketut Lingga (2020) THE IMPLEMENTATION OF INFOGRAPHICS IN SPEAKING FOR SOCIAL INTERACTION COURSE OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021105-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021105-ABSTRAK.pdf

Download (657kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021105-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021105-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021105-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021105-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021105-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021105-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (916kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021105-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengobservasi penerapan infografis di mata kuliah speaking for social interaction, dan menganalisis tanggapan mahasiswa terhadap penerapan infografis. Penelitian ini menggunakan desain embedded mixed method dengan kualitatif sebagai komponen utama dan kuantitatif sebagai komponen pendukung. Subyek penelitian ini meliputi seorang dosen yang mengajar mata kuliah speaking for social interaction dan mahasiswa kelas 2C di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun ajaran 2019/2020. Disamping itu, obyek dari penelitian ini meliputi mata kuliah speaking for social interaction dalam penerapan infografis. Data dikumpulkan dengan menggunakan dua instrumen; lembar observasi dan jurnal refleksi siswa. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data dari prosedur mengajar penerapan infografis untuk speaking for social interaction. Sedangkan, jurnal refleksi siswa digunakan untuk memperoleh data dari respon mahasiswa terhadap penerapan infografis pada mata kuliah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) dikegiatan awal, list-based infographics digunakan sekali oleh dosen sebagai media untuk menjelaskan tentang bagaimana membuat dan menggunakan infografis; 2) dikegiatan inti, ditemukan bahwa dosen menggunakan visual infographics sebanyak dua kali sebagai media untuk mahasiswa berlatih berbicara; 3) akhirnya di kegiatan akhir, peneliti menemukan bahwa dosen melakukan penilaian berbicara bahasa inggris mereka dengan menggunakan infografis. Dalam konteks ini, infografis berperan sebagai panduan ketika mahasiswa berbicara. Selain itu, penerapan infografis pada kegiatan akhir juga mendapat tanggapan positif dari sebagian besar mahasiswa. Mayoritas menyatakan bahwa penerapan infografis sangat bermanfaat dalam menunjang mahasiswa untuk berbicara bahasa inggris dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Matapelajaran Berbicara Untuk Interaksi Sosial, Media Infografis, Tanggapan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ketut Lingga Bimantara
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:02
Last Modified: 28 Jul 2020 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item