Gunawan, I Gusti Ngurah Putra (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD GUGUS VII ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031376-COVER.pdf Download (672kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031376-ABSTRAK.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUN)
1611031376-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (432kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031376-BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031376-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031376-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031376-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031376-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031376-LAMPIRAN .pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitiann ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus VII Abiansemal Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian semu menggunakan desain non equivalent pretest postest control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas V SD Gugus VII Abiansemal tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 9 kelas terdiri dari 213 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan cara teknik cluster random sampling diperoleh kelas V SD No. 2 Angantaka sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kelas eksperimen da kelas V SD No. 1 Sedang sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 soal. Selanjutnya di analisis menggunakan uji-t. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen yaitu 0,680 dan kelompok kontrol 0,403. Berdasarkan analisis menggunakan uji-t diperoleh thitung = 12,807 dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dk = 58 diperoleh nilai ttabel = 2,001. Oleh karena itu thitung = 12,807 > ttabel = 2,001 maka Ho ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarlkan menggunakan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus VII Abiansemal tahun ajaran 2019/2020. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran time token berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA Kelas V SD Gugus VII Abiansemal Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Time Token, Media Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ngurah Putra Gunawan |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 10:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 10:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2967 |
Actions (login required)
View Item |