Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020

Artha Wiguna, I Nyoman (2020) Kontribusi Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Kecamatan Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031390-COVER.pdf

Download (802kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031390-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031390-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031390-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031390-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031390-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031390-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031390-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031390-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD Gugus III Kuta Utara Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 452 siswa. Sampel penelitian sebanyak 205 ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling, teknik ini merupakan teknik sampling dengan menggunakan kelompok sebagai sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis untuk hasil pengujian hipotesis pertama didapatkan Freg sebesar 5,406 dan Ftabel sebesar 3,887 sehingga Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa Freg> Ftabel, dimana konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Hasil analisis untuk hasil pengujian hipotesis kedua Freg didapatkan sebesar 5,494 dan Ftabel sebesar 3,887 ini berarti Freg> Ftabel, sehingga Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Hasil analisis untuk pengujian hipotesis ketiga didapatkan Freg sebesar 3,786 dan Ftabel sebesar 3,040 Freg> Ftabel, sehingga Ho ditolak, dapat disimpulkan konsep diri dan kebiasaan belajar berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Untuk masing-masing koefisien determinasi, konsep diri memiliki kontribusi terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan matematika sebesar 2,5% kebiasaan belajar sebesar 2,6% sedangkan kontribusi secara bersama- sama terhadap kompetensi pengetahuan matematika sebesar 3,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pengetahuan matematika, konsep diri, kebiasaan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Nyoman Artha Wiguna
Date Deposited: 28 Jul 2020 11:02
Last Modified: 28 Jul 2020 11:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item