PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Suciani, Desak Kadek (2020) PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031184-Cover.pdf

Download (709kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031184-Abstrak.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031184-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031184-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031184-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031184-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031184-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031184-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031184-Lampiran.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan model example non example berbantuan media video dengan model discovery learning berbantuan media video pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Kegiatan ini termasuk kegiatan eksperimen semu dengan desain non-equivalent post test only control group design dan populasinya berjumlah 128 siswa kelas V di gugus IV kec. Buleleng. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh siswa SD N 2 Penglatan (22 siswa) sebagai kelas eksperimen dan SD N 3 Penglatan (21 siswa) sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yaitu tes pilihan ganda dan analisis Uji-t polled varians. Berdasarkan uji-t diperoleh thitung= 7,78 > ttabel= 2,021 pada taraf signifikansi 5% (a=0,05) dengan db = n1 + n2 – 2 = 43 – 2 = 41 maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang yang diterapkan model example non example berbantuan media video dengan diterapkan model discovery learning berbantuan media video mata pelajaran matematika siswa kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hal tersebut, model example non example berbantuan media video memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Gugus IV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Example non Example, Hasil Belajar Matematika, Video
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: DESAK KADEK SUCIANI
Date Deposited: 28 Jul 2020 09:32
Last Modified: 28 Jul 2020 09:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item