PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS V TABANAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Utami, Ni Made Melani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS V TABANAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031197-COVER.pdf

Download (597kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031197-ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031197-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031197-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031197-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031197-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031197-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031197-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031197-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya pencapaian kompetensi pengetahuan IPS siswa di Sekolah Dasar disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan the posttest-only no-treatment control group design. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh kelas V SD sebanyak 119 siswa. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel sejumlah 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kompetensi pengetahuan IPS yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,811 dan ttabel = 2,013 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 23 + 25 – 2 = 46 sehingga thitung > ttabel (2,811 > 2,013). Simpulan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini yaitu sebagai bahan masukan bagi guru dalam memilih alternatif model pembelajaran yang bervariasi untuk keperluan mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: word square, tri kaya parisudha, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI MADE MELANI UTAMI
Date Deposited: 28 Jul 2020 14:07
Last Modified: 28 Jul 2020 14:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item