Utami, Ni Made Melani (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS V TABANAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031197-COVER.pdf Download (597kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031197-ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031197-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031197-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031197-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031197-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031197-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031197-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031197-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya pencapaian kompetensi pengetahuan IPS siswa di Sekolah Dasar disebabkan karena proses pembelajaran yang kurang efektif dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan the posttest-only no-treatment control group design. Populasi yang dilibatkan adalah seluruh kelas V SD sebanyak 119 siswa. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel sejumlah 48 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kompetensi pengetahuan IPS yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t tipe polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2,811 dan ttabel = 2,013 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 23 + 25 – 2 = 46 sehingga thitung > ttabel (2,811 > 2,013). Simpulan yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran word square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Implikasi penelitian ini yaitu sebagai bahan masukan bagi guru dalam memilih alternatif model pembelajaran yang bervariasi untuk keperluan mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | word square, tri kaya parisudha, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE MELANI UTAMI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:07 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3038 |
Actions (login required)
View Item |