PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA E-BIGBOOK TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK KELOMPOK B DI TK INKLUSI GARUDA BILLINGUAL SCHOOL TAHUN AJARAN 2019/2020

Dialektika, Komang Sukma Pertiwi (2020) PENGARUH METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA E-BIGBOOK TERHADAP KEMAMPUAN EMPATI ANAK KELOMPOK B DI TK INKLUSI GARUDA BILLINGUAL SCHOOL TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061011-COVER.pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061011-ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061011-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh metode bercerita menggunakan media e-bigbook terhadap kemampuan empati anak kelompok b tk inklusi garuda billingual school tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 60 anak dengan sampel yang ditentukan secara random. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelompok B1 berjumlah 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B2 berjumlah 20 anak sebagai kelompok kontrol TK Inklusi Garuda Bilingual School. Pada penelitian ini data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 6,80, sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 38 diperoleh ttabel = 2,021 sehingga thitung = 6,80 > ttabel 2,021. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kemampuan empati pada kelompok eksperimen adalah 89,38, sedangkan pada kelompok kontrol adalah 72,71. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bercerita menggunakan media e-bigbook terhadap kemampuan empati anak kelompok B TK Garuda Billingual School.Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Empati, Metode Bercerita, Media e-bigbook
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Komang Sukma Pertiwi Dialektika
Date Deposited: 28 Jul 2020 12:46
Last Modified: 28 Jul 2020 12:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item