Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa Kelas IV SD Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020

Suprianto, I Nyoman Agus Alit (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa Kelas IV SD Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031363-COVER.pdf

Download (10MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031363-ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031363-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031363-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031363-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031363-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031363-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031363-DAPTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031363-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berantuan media Audio Visual dengan kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian yang dilakukan ialah kuantitatif dengan desain Eksperimen semu dan Rancangannya non equivalen control group. Populasinya seluruh kelas IV yang ada di Gugus IV Kuta Utara yang terdiri dari 7 kelas. Sampel kelompok penelitian diambil dengan cluster random sampling. Pengambilan sampel untuk kelompok eksperimen dengan penerapan model pembelajaran CRH berbantuan Media Audio Visual untuk kelas IV SD No. 1 Kerobokan Kelod sebanyak 35 siswa dan kelas IV SD No. 3 Kerobokan Kelod sebanyak 34 siswa sebagai kontrol yang dibelajarkan secara konvensional. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Setelah dilakukan penelitian menunjukakan adanya perbedaan kompetensi pengetahuan IPA kedua kelompok. Terbukti dari nilai rerata GnS kelompok eksperimen yaitu 0,80 lebih dari kelompok kontrol yaitu 0.54. dan setelah dianalisis menggunakan t-test dengan rumus polled varians. Diperoleh ananlisis datanya (thit=8,868 > ttab =1,998) dengan taraf kesukaran 0,05 dan (dk =35+34-2=64) maka Ha diterima yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antar kedua kelompok sampel. Maka dari itu dengan penerapan model CRH berbantuan Media Audio Visual berpengaruh secara signifikan pada kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus IV Kuta Utara Tahun Ajaran 2019/2020 dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: CRH, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Nyoman Agus Alit Suprianto
Date Deposited: 28 Jul 2020 20:34
Last Modified: 28 Jul 2020 20:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item