PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Istri Putri Ari, Anak Agung (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031037-COVER.pdf

Download (880kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031037-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031037-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031037-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031037-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Audio-Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Kecamatan Gianyar. Penelitian kuantitatif dengan rancangan non-equivalent control group design (eksperimen semu). Sebanyak 13 kelas dari 7 SD di Gugus I Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 455 siswa kelas IV. Sampel penelitian ini dilaksanakan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga menjadikan kelas IV B SD Negeri 5 Gianyar sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas IV di SD Negeri 4 Gianyar sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan homogenitas dengan rumus Fisher. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung =7,433>ttabel 2,000 taraf signikansi 5% dengan dk =62, sehingga H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikansi kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Audio-Visual dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus I Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2019/2020 ditolak. Adapun rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA untuk kelompok eksperimen = 76,594 dan rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA untuk kelompok kontrol = 64,469. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Audio-Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Kecamatan Gianyar tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, audio-visual dan kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Anak Agung Istri Putri Ari
Date Deposited: 29 Jul 2020 09:01
Last Modified: 29 Jul 2020 09:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3083

Actions (login required)

View Item View Item