Istri Putri Ari, Anak Agung (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031037-COVER.pdf Download (880kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031037-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031037-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Audio-Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Kecamatan Gianyar. Penelitian kuantitatif dengan rancangan non-equivalent control group design (eksperimen semu). Sebanyak 13 kelas dari 7 SD di Gugus I Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 455 siswa kelas IV. Sampel penelitian ini dilaksanakan menggunakan teknik cluster random sampling sehingga menjadikan kelas IV B SD Negeri 5 Gianyar sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas IV di SD Negeri 4 Gianyar sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan homogenitas dengan rumus Fisher. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung =7,433>ttabel 2,000 taraf signikansi 5% dengan dk =62, sehingga H0 yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikansi kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Audio-Visual dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus I Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2019/2020 ditolak. Adapun rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA untuk kelompok eksperimen = 76,594 dan rerata nilai kompetensi pengetahuan IPA untuk kelompok kontrol = 64,469. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan media Audio-Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus I Kecamatan Gianyar tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Inquiry, audio-visual dan kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Istri Putri Ari |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 09:01 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 09:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3083 |
Actions (login required)
View Item |