Setiawan, Gede Teja Wira (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (cover)
1629061020-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1629061020-ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
Text (BAB 1)
1629061020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB 2)
1629061020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1629061020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1629061020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1629061020-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629061020-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1629061020-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Negara, Tahun Ajaran 2017/2018 di semester genap sebanyak 9 kelas yang mengikuti mata pelajaran IPA. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling terhadap kelas. Kelas yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII A dan VIII B sedangkan kelas VIII C dan VIII D digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif berupa analisis kovarian. Hasil analisis data menunjukan bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe GI secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model DI (Fhitung* (FA*) = 233,84 dan p = 0,0000). Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan gaya belajar auditorial dengan visual tidak berbeda secara signifikan (∆µ = 0,148 dan p = 0,054). Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dicapai oleh siswa yang belajar dengan gaya belajar kinestetik dengan auditorial tidak berbeda secara signifikan (∆µ = 0,200 dan p = 0,174). Terdapat pengaruh interaktif antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (F(A×B)*= 5,261 dan p = 0,006).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, keterampilan berpikir tingkat tinggi, gaya belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Gede Teja Wira Setiawan |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 08:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 08:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3100 |
Actions (login required)
View Item |