Almada, Hafidz (2020) PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF BOARD GAME MONOPOLI MATERI KESEHATAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1316011069-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1316011069-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1316011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA BERFIKIR)
1316011069-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA BERFIKIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1316011069-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1316011069-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1316011069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1316011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1316011069-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang antuasiasnya siswa dalam materi kesehatan dikareakan pembelajaran yang monoton, dan kurangnya media inovatif yang mendukung pada mata pelajaran PJOK. Tujuan penelitian ini adalah 1) menggambarkan proses rancang bangun media inovatif pada mata pelajaran PJOK SMP kelas VIII, dan 2) mengetahui hasil validasi media inovatif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan model ADDIE. Langkah-langkah pengembangannya meliputi: analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), evaluasi (Evaluation). Setelah mencapai tahap pengembangan dihasilkan produk awal kemudian divalidasi oleh seorang ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket/kuesioner. Pada penelitian ini, kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data hasil review ahli. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan proses rancang bangun Media Inovatif terdiri dari lima tahapan model ADDIE yaitu analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil validasi multimedia interaktif dari: 1) uji ahli isi berada pada nilai 87% (baik); 2) uji ahli desain pembelajaran pada nilai 93% (sangat baik); 3) uji ahli media pembelajaran pada nilai 93% (sangat baik). Kata-kata kunci : model ADDIE, media inovatif, pengembangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model ADDIE, media inovatif, pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Hafidz Almada |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:58 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3101 |
Actions (login required)
View Item |