Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Rahayuni, Ni Luh (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031325-COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031325-ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031325-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031325-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031325-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031325-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031325-BAB 5 PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031325-DAPTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031325-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran TGT berbasis Pendidikan Karakter terhadap kompetensi pengetahuan Matematika SD Tahun Ajaran 2019/2020. Eksperimen semu adalah jenis penelitian rancangan dengan menggunakan non-equivalent control group design. Kelas IV adalah penelitian ini dari populasi yang terdiri dari 5 kelas dengan banyak siswa 399 orang. Dengan teknik cluster random sampling yang diambil sebagai sampel. Pengundian yang dilakukan kelompok untuk menentukan eksperimen dan kontrol. Sehingga sampel yang diperoleh yaitu kelas eksperimen IV C SD No 3 Benoa sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol IV B SD No 9 Benoa sebanyak 32 siswa. Hasil yang dikumpulkan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data kompetensi pengetahuan Matematika dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4,748 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=62 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran TGT terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Demikian pula nilai rerata kompetensi pengetahuan Matematika eksperimen X̅ = 84,00 > X̅ = 76,03. Sehingga dapat disimpulkan, model pembelajaran TGT berbasis Pendidikan Karakter berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TGT, Pendidikan Karakter, Kompetensi Pengetahuan Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Rahayuni
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:45
Last Modified: 29 Jul 2020 01:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item View Item