Rahayuni, Ni Luh (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031325-COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031325-ABSTRAK.pdf Download (8MB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031325-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031325-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031325-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031325-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031325-BAB 5 PENUTUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031325-DAPTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031325-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran TGT berbasis Pendidikan Karakter terhadap kompetensi pengetahuan Matematika SD Tahun Ajaran 2019/2020. Eksperimen semu adalah jenis penelitian rancangan dengan menggunakan non-equivalent control group design. Kelas IV adalah penelitian ini dari populasi yang terdiri dari 5 kelas dengan banyak siswa 399 orang. Dengan teknik cluster random sampling yang diambil sebagai sampel. Pengundian yang dilakukan kelompok untuk menentukan eksperimen dan kontrol. Sehingga sampel yang diperoleh yaitu kelas eksperimen IV C SD No 3 Benoa sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol IV B SD No 9 Benoa sebanyak 32 siswa. Hasil yang dikumpulkan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data kompetensi pengetahuan Matematika dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4,748 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikan 5% dengan dk=62 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran TGT terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Demikian pula nilai rerata kompetensi pengetahuan Matematika eksperimen X̅ = 84,00 > X̅ = 76,03. Sehingga dapat disimpulkan, model pembelajaran TGT berbasis Pendidikan Karakter berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas IV SD Gugus I Kuta Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TGT, Pendidikan Karakter, Kompetensi Pengetahuan Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Rahayuni |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:45 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3111 |
Actions (login required)
View Item |