Adiyasa, I Kadek Darmadi (2020) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUSUT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829011010-COVER.pdf Download (619kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829011010-ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829011010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829011010-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata kunci: pembelajaran, menulis, teks eksposisi, e-learning Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) langkah-langkah penerapan pembelajaran berbasis e-Learning dalam menulis teks eksposisi kelas X IPB1 di SMA Negeri 1 Susut. (2) prestasi siswa dengan menerapkan e-Learning dalam pembelajaran teks eksposisi kelas X IPB1 di SMA Negeri 1 Susut, dan (3) respons siswa setelah penerapan pembelajaran berbasis e-Learning dalam menulis teks eksposisi kelas X IPB1 di SMA Negeri 1 Susut. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas lima tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi, metode wawancara, metode tes, mretode kuisioner dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata siklus I adalah 72,6 atau mengalami peningkatan 17,05% dari nilai sebelumnya (prasiklus) 37. Nilai siklus II adalah 81.1 atau meningkat 43,4%. Perolehan rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 33,7% dalam kategori sangat positif dan meningkat pada siklus II respons siswa menjadi 33,96 dalam kategori sangat positif. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) langkah-langkah pembelajaran berbasis e-Learning berdasarkan standar kompetensi dasar dan sesuai prosedur yang sudah dirancang. (2) pembelajaran berbasi e-Learning dapat meningkatkan prestasi siswa dalam menulis teks eksposisi. (3) respons siswa terhadap pembelajaran berbasis e-Learning sangat positif. Saran penelitian ini, ialah guru hendaknya menggunakan pembelajaran berbasis e-Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran1, menulis2, teks eksposisi3, e-learning4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | I Kadek Darmadi Adiyasa |
Date Deposited: | 31 Jul 2020 02:45 |
Last Modified: | 31 Jul 2020 02:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3113 |
Actions (login required)
View Item |