KONTRIBUSI TINDAK PEMBELAJARAN GURU KELAS 1 SD NEGERI 2 DANGIN PURI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA TAHUN AJARAN 2019/2020

Arsani, Ni Luh Made Ari (2020) KONTRIBUSI TINDAK PEMBELAJARAN GURU KELAS 1 SD NEGERI 2 DANGIN PURI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031284-COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031284-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031284-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031284-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031284-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031284-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031284-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031284-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031284-LAMPIRAN .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa permasalahan siswa dalam membaca serta kondisi pembelajaran membaca yang jauh dari harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi tindak pembelajaran guru kelas 1 SD pada peningkatan keterampilan membaca siswa tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografis. Subjek terteliti adalah guru kelas 1 SD dan siswa kelas 1 sebanyak 27 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Sebagai instrumen kunci adalah diri peneliti sendiri yang hadir di lapangan dilengkapi dengan lembar observasi dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara induktif menggunakan kerangka pikir analisis data yang diadaptasi dari model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dalam kategori structuring guru selalu menugaskan siswa untuk membuka buku pelajaran, mengingatkan siswa dengan fungsi tanda baca. Kategori soliciting, guru selalu menugaskan siswa untuk membaca, Respon siswa dalam keterampilan ini senantiasa melaksanakan tugas-tugas yang diberikan guru. Kategori reacting guru selalu membimbing, memberikan penguatan. Alasan-alasan yang melatarbelakangi guru kelas 1 sekolah dasar menampilkan tindak-tindak pembelajaran Pertama guru sangat memberikan harapan kepada siswa menjadi lebih semangat dalam belajar, kedua agar kemampuan siswa dalam memahami bacaan semakin baik, ketiga agar tindak pembelajaran yang dilakukan guru dapat dipahami dan diterima oleh siswa yang diajarnya, keempat selain pencapaian tujuan kurikulum yang tidak kalah pentingnya adalah pembentukan dan pengembangan karakter. Tindak nonverbal yang dilakukan guru berupa senyuman, tepuk tangan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan refrensi untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tindak pembelajaran, guru, keterampilan membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Made Ari Arsani
Date Deposited: 29 Jul 2020 05:26
Last Modified: 29 Jul 2020 05:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3186

Actions (login required)

View Item View Item