Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV SDN Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Laksmi, Ni Putu Mira Ayunita (2020) Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKN Siswa Kelas IV SDN Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031276-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031276-ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031276-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031276-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031276-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031276-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031276-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031276-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031276-LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas IV sebanyak 289 siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data kompetensi pengetahuan PPKn dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa. Setelah itu data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,048 dengan dk = 70 dan taraf signifikansi 5% maka diperoleh ttabel = 2,000. Karena thitung 3,048 > ttabel = 2,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Kaya Parisudha dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen adalah X ̅ = 85,094 sedangkan nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol adalah X ̅ = 74,782. Jadi nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok kontrol yaitu 85,094 > 74,782. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PAKEM berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan PPKn siswa kelas IV SDN Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PAKEM, Tri Kaya Parisudha, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Mira Ayunita Laksmi
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:12
Last Modified: 28 Jul 2020 21:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item