Devita Putri, Ni Kadek (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS 8 KECAMATAN GIANYAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031383-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031383-ABSTRAK.pdf Download (581kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031383-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (496kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031383-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031383-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031383-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031383-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031383-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031383-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah hasil belajar IPA siswa tidak tercapai dengan optimal dan kurangnya kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 146 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Siangan sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Sumita sebanyak 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Data Penelitian berupa kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan metode tes. Data yang terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis diperoleh thitung = 3,5 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 41 maka diperoleh nilai ttabel = 2,021, karena thit > ttab maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen X = 83,16 > kelompok kontrol X = 65,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dijadikan sebagai kajian yang relevan untuk memperdalam teori mengenai model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci : Think Talk Write, Mind Mapping, kompetensi pengetahuan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Devita Putri |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:00 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3232 |
Actions (login required)
View Item |