Dewi, Ni Made Rosita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS XI KECAMATAN BULELENG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031229-COVER.pdf Download (753kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031229-ABSTRAK.pdf Download (279kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031229-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (505kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031229-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031229-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031229-BAB 4 HASIL DAN PEMBEHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031229-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031229-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031229-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Belum optimalnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus XI Kecamatan Buleleng menjadi alasan utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus XI Kecamatan Buleleng yang berjumlah 118 orang. Dari populasi tersebut kemudian diambil sampel dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,384 sedangkan ttabel = 1,995 pada taraf signifikan 5 % untuk derajat kebebasan 36 + 34 – 2 = 68. Berdasarkan kriteria penghitungan karena thitung > ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Dari hasil analisis uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa. Implikasi penelitian ini yaitu model Creative Problem Solving berbantuan media Question Box sesuai untuk diterapkan, karena model ini dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan setiap permasalahan secara kreatif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Creative Problem Solving, Question Box, Hasil Belajar IPS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE ROSITA DEWI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 21:31 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 21:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3238 |
Actions (login required)
View Item |