Krismayoni, Putu Ayu Windha (2020) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031235-COVER.pdf Download (555kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031235-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031235-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (216kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031235-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031235-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031235-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031235-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031235-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031235-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA siswa, mendorong perlunya menciptakan solusi dalam mengatasi hal tersebut. Salah satu caranya, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran CLIS berbantuan media LKS. Dalam pelaksanaan riset ini bertujuan mengetahui dampak yang ditimbulkan dari model CLIS dengan bantuan media LKS terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa kelas V. Riset ini tergolong riset eksperimen dengan rancangannon equivalentppost-test only control groupp. Populasi riset ini sebanyak 129 orang dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa yang diambil dengan aplikasi teknik acak. Hasil belajar IPA didapat dengan bantuan instrumen tes pilihan ganda dan instrumen kuesioner, kemudian dilakukanuji prasyarat analisis, serta analisis data menggunakan AnavaAB. Riset ini mendapatkkan hasil: 1) ditemukan hasil yang berbeda pada mata pelajaran IPA siswa diaplikasikan model CLIS berbantuan media LKS, 2) ditemukan dampak interaksi antara model CLIS berbantuan media LKS dengan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa, 3) ditemukan hasil belajar yang berbeda antara model CLIS berbantuan media LKS dengan siswa yang dibelajarkan model konvensional pada siswa yang memiliki minat belajar tinggi, 4) ditemukan perbedaan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan modelCLIS berbantuan media LKS dengan siswa yang dibelajarkan model konvensional pada siswa yang memiliki minat belajar rendah. Dengan demikian penerapan model pembelajaran CLIS berbantuan media LKS oleh guru lebih inovatif dalam rancangan dan pelaksanaan sehingga sesuai dengan tujuan pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu, model CLIS berbantuan media LKS sesuai untuk diterapkan, karena model ini dapat menambah minat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan aktif, sehingga tujuan pembelajaran tercapai dan akan memengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model CLIS, Hasil Belajar, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | PUTU AYU WINDHA KRISMAYONI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 21:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 21:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3240 |
Actions (login required)
View Item |