Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is A Teacher Here Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMAN 3 Singaraja

Gayatri, Sri Amertha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is A Teacher Here Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMAN 3 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011003-ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (583kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011003-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe ETH (Everyone is A Teacher Here) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Post Test Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA di SMAN 3 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk tes uraian (essay) dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t_hit=3,610 dan nilai t_tabel adalah 1,995. Apabila dibandingkan, nilai t_hit> t_tabel . Dengan demikian H_0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe ETH melalui pembelajaran daring lebih tinggi kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata-kata kunci: Model Kooperatif Tipe ETH, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ETH, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sri Amertha Gayatri
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:27
Last Modified: 29 Jul 2020 01:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item