MAHARDIKA, I KADEK DWI OKTAYANA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMEN BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS R.A KARTINI DENPASAR BARAT TAHUN 2019/2020. Undergraduate thesis, Uneversitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031356-Cover-pdf.pdf Download (965kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031356-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1611031356-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (332kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1611031356-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031356-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (648kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031356-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (SIMPULAN)
1611031356-BAB 5 SIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031356-DAFTAR PUSTAKA-pdf.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031356-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Media Question Card terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini siswa kelas IV Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat dengan jumlah siswa keseluruhan 392 orang. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Pemecutan dengan jumlah sampel kelas 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 27 Pemecutan dengan jumlah sampel kelas 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran teams games tournament berbantuan media question card terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 3,245 pada taraf signifikansi 5% dan dk = 65 diperoleh nilai ttabel = 1,997 sehingga thitung = 3,25 > ttabel = 1,997. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai rerata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen lebih besar dari pada rerata siswa kelompok kontrol yaitu 0,396 > 0,269. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Question Card berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus R.A Kartini Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournament, Question Card, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Dwi Oktayana Mahardika |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:48 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3253 |
Actions (login required)
View Item |