Susiani, Luh (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 3 BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Matematika.
Text (COVER)
1313011126-COVER.pdf Download (753kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1313011126-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313011126-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (483kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313011126-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313011126-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313011126-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1313011126-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313011126-DAFTRAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1313011126-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran IMPROVE dengan pemberian scaffolding dan (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran IMPROVE dengan pemberian scaffolding. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 3 Banjar sebanyak 28 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Data pemahaman konsep matematika siswa diukur menggunakan tes pemahaman konsep dan tanggapan siswa diukur menggunakan angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai tes pemahaman konsep dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar siswa meningkat dari siklus I, ke siklus II dan ke siklus III berturut-turut yaitu 53,39, 67,66 dan 77,38 dengan persentase ketuntasan siswa berturut-turut sebesar 35,71%, 53,57% dan 78,57%. Hasil penelitian untuk rata-rata skor respon siswa sebesar 59,42 menunjukkan dalam kategori positif. Peningkatan optimal terjadi pada siklus III karena dalam tindakan guru lebih menekankan pada: (1) pertanyaan arahan dalam menggali kembali konsep yang sudah dipelajari, (2) memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk menerapkan konsep, (3) pemberian bimbingan dan motivasi kepada siswa. Kata kunci: IMPROVE, scaffolding, pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IMPROVE, scaffolding, pemahaman konsep. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Luh Susiani |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 00:55 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3280 |
Actions (login required)
View Item |