Yuliana, Fadjri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS KAPTEN JAPA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031370-COVER.pdf Download (763kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031370-ABSTRAK.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031370-BAB 1PENDAHULUAN.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031370-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031370-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031370-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031370-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031370-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031370-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Rendahnya motivasi belajar IPA siswa disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran course review horay berbantuan media gambar terhadap motivasi belajar IPA siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental yaitu quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian non equivalent pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 468 siswa. Penetapan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling yang kemudian diperoleh dua kelas yaitu kelas VB berjumlah 32 siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran course review horay berbantuan media gambar dan kelompok kontrol kelas VA berjumlah 32 siswa dibelajarkan secara konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Rerata motivasi belajar IPA pada kelompok eksperimen yaitu ¯x = 80,5 dan kelompok kontrol ¯x= 64,75. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus separated varians. Hasil anlisis data diperoleh (thitung =4,947 > ttabel = 2,042) pada taraf signifikasi 5% dk = n1 – 1 dan dk = n2 – 1 maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran course review horay dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran course review horay berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD. Adapun implikasi dari penelitian ini membuktikan model course review horay baik diterapkan dalam proses pembelajaran sebagai upaya perubahan pada motivasi belajar IPA siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | course review horay, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Fadjri Yuliana |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:07 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3292 |
Actions (login required)
View Item |