Satriawan, I Putu Gede Giri (2020) PENGARUH MODEL DISKURSUS MULTI REPRESENTASI BERBANTUAN VIDEO KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RENDANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1313011102-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1313011102-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313011102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (833kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1313011102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (870kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313011102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (996kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313011102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1313011102-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313011102-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1313011102-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Diskursus Multi Representasi berbantuan Video Kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rendang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rendang semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 yaitu sebanyak 235 orang yang terdistribusi ke dalam 8 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data mengenai pemahaman konsep matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t satu ekor pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa thitung = 1, 91309 dan ttabel = 1, 67203. Hal ini berarti pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rendang yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi berbantuan Video Kontekstual lebih tinggi dari pada pemahaman konsep matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, model pembelajaran Diskursus Multi Representasi berbantuan Video Kontekstual berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Kata kunci : Diskursus Multi Representasi, video kontekstual, pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diskursus Multi Representasi, video kontekstual, pemahaman konsep matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Putu Gede Giri Satriawan |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 00:42 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 00:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3302 |
Actions (login required)
View Item |