Teachers’ Readiness in Implementing The 21st Century Skills in Teaching English in Private Elementary Schools in Tabanan Regency

Utami, Luh Putu Restu (2020) Teachers’ Readiness in Implementing The 21st Century Skills in Teaching English in Private Elementary Schools in Tabanan Regency. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021006-COVER.pdf

Download (423kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021006-ABSTRAK.pdf

Download (135kB)
[img] Text (CHAPTER 1 INTRODUCTION)
1612021006-CHAPTER 1 INTRODUCTION.pdf

Download (151kB)
[img] Text (CHAPTER 2 LITERATURE REVIEW)
1612021006-CHAPTER 2 LITERATURE REVIEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER 3 METHODOLOGY)
1612021006-CHAPTER 3 METHODOLOGY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER 4 FINDINGS AND DISCUSSION)
1612021006-CHAPTER 4 FINDINGS AND DISCUSSION.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (CHAPTER 5 CLOSURE)
1612021006-CHAPTER 5 CLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (REFERENCES)
1612021006-REFERENCES.pdf

Download (200kB)
[img] Text (APPENDICES)
1612021006-APPENDICES.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan abad ke-21 mengharuskan guru untuk dapat memahami keterampilan abad ke-21 dan menerapkannya dalam praktik kelas sehari-hari. Meskipun diperlukan untuk guru, penelitian tentang menyelidiki kesiapan guru dalam menerapkan keterampilan abad ke-21 untuk mengajar bahasa Inggris di sekolah dasar di Bali masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dan kesiapan guru bahasa Inggris sekolah dasar dalam menerapkan keterampilan abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode campuran sekuensial dengan desain kualitatif yang dominan digunakan. Data diperoleh dengan kuesioner, observasi, dan didukung oleh wawancara dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru memiliki persepsi positif dalam menerapkan keterampilan abad ke-21, 2) guru merasa bahwa mereka siap untuk menerapkan keterampilan abad ke-21, 3) perbedaan ditemukan antara persepsi guru dan hasil pengamatan dalam penerapan keterampilan abad ke-21. Implementasi keterampilan dalam kerangka pendidikan abad ke-21 adalah 58,8% pada RPP, 76,5% pada proses belajar mengajar, dan 17,6% pada penilaian, yang menunjukkan bahwa tidak semua komponen keterampilan abad ke-21 diimplementasikan dengan tepat. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru harus profesional dalam mengembangkan topik, dan pemerintah perlu mendukung penerapan keterampilan abad ke-21 dengan fasilitas yang memadai di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan abad 21, kesiapan guru, persepsi guru
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Luh Putu Restu Adi Utami
Date Deposited: 28 Jul 2020 20:21
Last Modified: 28 Jul 2020 20:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3310

Actions (login required)

View Item View Item