Trilyawan, Nyoman (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031351-COVERR.pdf Download (512kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031351-ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031351-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031351-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031351-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031351-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031351-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031351-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031351-LAMPIRAN.pdf Download (86kB) |
Abstract
Masalah utama dari penelitian ini adalah banyaknya penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing di sekolah dasar namun belum diketahui pasti besaran pengaruhnya secara akurat dalam lingkup pembelajaran yang lebih luas. Perlu adanya kajian secara pustaka mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu merieview secara sistematik dengan menganalisis hasil-hasil kajian penelitian yang telah dipublikasi di situs-situs resmi yang telah terakreditasi secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar. Sampel penelitian ini, berjumlah dua belas jurnal nasional yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Khususnya penelitian eksperimen penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari sepuluh artikel dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 0,82. Ini menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki besaran pengaruh yang tinggi terhadap pembelajaran IPA di sekolah dasar khususnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi yang kuat dan valid bagi guru dalam menentukan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kritis, inkuiri terbimbing, meta analisis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nyoman Trilyawan |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:19 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3324 |
Actions (login required)
View Item |