PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD DI GUGUS I KECAMATAN TEMBUKU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Taryunita, Desak Anom (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS V SD DI GUGUS I KECAMATAN TEMBUKU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031348-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031348-ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031348-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031348-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031348-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031348-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031348-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031348-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031348-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD di Gugus I Kecamatan Tembuku Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Tembuku yang berjumlah 122 siswa. Sampel ditentukan melalui teknik simple random sampling dan diperoleh kelas V SDN 3 Jehem sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 5 Jehem sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS adalah tes, dengan jenis tes objektif dalam bentuk pilihan ganda biasa sebanyak 25 butir. Data yang dikumpulkan yaitu data kompetensi pengetahuan IPS dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yaitu mendapatkan rata-rata hasil post-test pada kelompok eksperimen sebesar 20,38 dan pada kelompok kontrol sebesar 17,35. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung sebesar (4,59) dan hasil ttabel sebesar (2,01). Karena rata-rata hasil kompetensi pengetahuan pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol dan diperoleh hasil perhitungan thitung > ttabel berarti dapat ditarik simpulan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Tembuku tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pengetahuan, Circuit Learning, audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Desak Anom Taryunita
Date Deposited: 28 Jul 2020 22:35
Last Modified: 28 Jul 2020 22:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item View Item