Julianti, Anak Agung Astri Julianti (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based-Flipped Classroom Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 2 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021003-COVER.pdf Download (756kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021003-ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (249kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based flipped classroom learning (PBFCL) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran regular. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain ‘posttest control group design’. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020, dengan total 319 siswa yang dibagi dalam 7 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih 2 kelas, yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2 dengan total 91 siswa. Instrument yang digunakan yakni tes prestasi belajar dalam bentuk soal essay sejumlah 10 soal dengan reliabilitas 0,758. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik posttest. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan ANAVA. Pengujian hipotesis menggunakan menggunakan uji-t dengan hasil t-hitung sebesar 2,32. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model problem based flipped classroom learning (PBFCL) berbasis daring dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran regular berbasis daring. Berdasarkan penghitungan rata-rata nilai tes prestasi belajar, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas PBFCL berbasis daring lebih tinggi dibandingkkan model regular berbasis daring.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model problem based flipped classroom learning, model regular (pendekatan saintifik), prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Astri Julianti |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 12:26 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 12:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3347 |
Actions (login required)
View Item |