Puspitayanti, Putu Lia (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1313011111-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1313011111-ABSTRAK.pdf Download (492kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1313011111-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1313011111-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1313011111-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1313011111-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1313011111-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1313011111-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1313011111-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berbantuan Peta Konsep lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 257 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep matematika yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes uraian. Dari data post-test diperoleh rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berbantuan Peta Konsep adalah 41,9 dan rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional adalah 35,37. Dari hasil analisis data menggunakan uji-t satu ekor dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa sehingga ditolak yang berarti pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berbantuan Peta Konsep lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together berbantuan Peta Konsep memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep masalah matematika siswa. Kata Kunci : Learning Together, Peta Konsep, Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Together, Peta Konsep, Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Putu Lia Puspitayanti |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 16:06 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 16:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3364 |
Actions (login required)
View Item |