Surata, Komang Oka (2020) Hubungan Antara Regulasi Diri dan Suasana Kelas Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri di Kecamatan Mengwi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613021042-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613021042-ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (585kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613021042-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara (1) regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa, (2) suasana kelas dengan prestasi belajar fisika siswa, dan (3) regulasi diri dan suasana kelas dengan prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri di kecamatan Mengwi yang berjumlah 504 siswa. Sampel penelitian berjumlah 218 siswa yang ditentukan dengan teknik propotional random sampling. Data regulasi diri dan suasana kelas dikumpulkan dengan kuesioner dengan reliabilitas masing-masing 0,922 dan 0,913, sedangkan data prestasi belajar fisika dikumpulkan dengan tes esai dengan reliabilitas sebesar 0,859. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi linier ganda dua prediktor, dan uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan (1) regulasi diri dan suasana kelas siswa kelas X MIPA SMA Negeri di kecamatan Mengwi tergolong tinggi, (2) prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di kecamatan Mengwi tergolong rendah, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa (F = 76,8; p < 0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 18,87%, (4) terdapat hubungan positif yang signifikan antara suasana kelas dengan prestasi belajar fisika siswa (F = 41,95; p < 0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 9,33%, (5) terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara regulasi diri dan suasana kelas dengan prestasi belajar fisika siswa (F = 42,30; p < 0,05) dengan sumbangan efektif sebesar 28,20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | regulasi diri, suasana kelas, prestasi belajar fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | KOMANG OKA SURATA |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 02:40 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 02:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3368 |
Actions (login required)
View Item |