Pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Octaviyantari, Ni Luh Ardhia (2020) Pengaruh Model Group Investigation Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031234-COVER.pdf

Download (495kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031234-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031234-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031234-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031234-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031234-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031234-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031234-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031234-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model group investigation berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar Gugus XI Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 129 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas V A SD Lab Undiksha yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V B SD Lab Undiksha yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar IPS berupa soal pilihan ganda yang sudah divalidasi oleh pakar yang membidangi IPS dan telah diuji cobakan dengan reliabilitas sebesar 0,80 yang termasuk dalam kategori tinggi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model group investigation berbantuan media audio visual dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,781 > 2,000) dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu, dilihat skor rata-rata hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen > skor rata-rata hasil belajar IPS siswa kelompok kontrol (23,71 >21,29). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model group investigation berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model group investigation, audio visual, hasil belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH ARDHIA OCTAVIYANTARI
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:30
Last Modified: 29 Jul 2020 06:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item