Astawa, I Wayan Wira (2020) Pengaruh Pembelajaran VCT Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Kelas V Gugus Jendral Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031075-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031075-ABSTRAK.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (457kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031075-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian disini bertujuan mengetahui adanya pengaruh yang signifikan pada model VCT bermuatan nilai karakter terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V Sekolah Dasar Gugus Jendral Sudirman tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ialah eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Pada populasi penelitian yaitu keseluruhan kelas V yang ada pada Sekolah Dasar Negeri Gugus Jendral Sudirman dengan jumlah populasi 8 kelas dan total 324 siswa. Penentuan Sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Adapun sampel peneltian yaitu kelas V SD Negeri 6 Sesetan sebagai kelas eksperimen sebanyak 44 siswa beserta kelas V SD Negeri 13 Sesetan sebagai kelas kontrol sebanyak 44 siswa. Data mengenai kompetensi pengetahuan PPKn pada kelas eksperimen ataupun kontrol disimpulkan dengan instrument berupa tes pilihan ganda sejumlah 30 soal. Selanjutnya hasil data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t dengan polled varian. Berdasarkan analisis dengan uji t memperoleh thitung = 8,468. Hasil tersebut kemudian dibandingkan bersama hasil ttabel dengan dk = 86 dan taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh hasil ttabel = 1,988 berarti Ho ditolak, karena thitung = 8,468> ttabel = 1,988. Berdasarkan hasil tersebut sehingga dinyatakan bahwa pembelajaran VCT bermuatan nilai karakter berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V Sekolah Dasar Gugus Jendral Sudirman tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini adapun saran kepada peneliti lainnya untuk dapat menjadikan kajian relevan khususnya sebagai referensi untuk peneliti dengan kajian lebih luas dan memperdalam teori mengenai pembelajaran VCT bermuatan nilai karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VCT, Nilai Karakter, Kompetensi PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Wira Astawa |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:33 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3407 |
Actions (login required)
View Item |