PENGARUH PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA

Anisyawati, Elisabeth Kadek (2020) PENGARUH PROJECT BASED E-LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613021027-COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613021027-ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613021027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (152kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613021027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613021027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613021027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613021027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613021027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613021027-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model Project Based E-Learning dan siswa yang belajar menggunakan model Direct E-Learning. Penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Sampel terdiri atas 72 orang yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok eksperimen menerapkan Project Based E-Learning dan kelompok kontrol menerapkan Direct E-Learning. Data prestasi belajar dikumpulkan menggunakan 20 butir soal esai, dengan konsistensi internal butir bergerak dari r = 0,41 s.d r = 0,68 dan reliabilitas tes sebesar 0,868. Data dianalisis secara deskriptif dan Analisis Kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai rata-rata prestasi belajar fisika pada kelompok Project Based E-Learning dan Direct E-Learning masing-masing sebesar 75 dan 60 dengan standar deviasi 6,0 dan 7,5; 2) Uji hipotesis menunjukkan nilai F^*=88,601 dengan sig. 0,001 < 0,05. Simpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan Project Based E-Learning dan siswa yang belajar menggunakan Direct E-Learning. Prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model Project Based E-Learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model Direct E-Learning. Implikasi penelitian ini, yaitu pembelajaran fisika kelas di SMA akan lebih bermakna jika siswa belajar dengan fasilitas Project-Based E-Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Project Based E-Learning, model Direct E-Learning, prestasi belajar, pembelajaran fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Elisabeth Kadek Anisyawati
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:58
Last Modified: 29 Jul 2020 06:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3434

Actions (login required)

View Item View Item